Cara Membuat Scroll Pada Kotak Komentar Menggunakan CSS


Halo semua? Sudah lama sekali ya, saya  tidak menyapa Sobat-sobat Blogger sekalian, padahal baru 4 hari, hehe :) . Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang  Cara Membuat Scroll di Kotak Komentar Menggunakan CSS. Sebelumnya, saya ingin meminta maaf kepada Sobat-sobat sekalian. Seperti kita tahu, seharusnya blog ini update setiap 3 hari sekali. Namun,  ada urusan lain di dunia nyata yang harus saya selesaikan. Akhirnya , saya baru sempat menulis artikel pada hari ini, ini pun saya persembahkan demi sobat-sobat yang setia mengunjungi blog saya hehe :D.



Sobat pasti sudah tahu kan apa itu Scrool  pada Kotak Komentar? Untuk lebih jelas,  silahkan lihat  DISINI    Sudah banyak blog yang membahas tentang hal ini, namun saya akan memberikan hal yang berbeda. Kita akan mencobanya menggunakan CSS. Menurut saya, CSS lebih baik daripada Script, karena CSS sangat cepat direspon oleh Browser & sangat ringan untuk Loading Page Blog. Jadi kita dapat menghemat kecepatan blog kita, dan ini hal yang bagus untuk SEO di mata Google.


Selain itu,  menurut pemikiran TokonjoJika sebuah postingan memiliki komentar yang sangat banyak, bisa dibayangkan betapa panjangnya postingan + komentarnya ke bawah, bahkan kita mungkin bingung untuk menemukan footer blog tersebut saking panjangnya. Sebagai pemilik blog mungkin itu menjadi perhatian karena akan mengurangi keindahan blog.


Menarik bukan? Okay langsung saja kita lihat tutorialnya :


1. Login ke akun Blogger sobat ( Jangan pake akun orang lain, nanti bisa jadi berabe  loh, hehe :D )


2. Pilih Rancangan => Edit HTML => centang Expand Template Widget
3. Tekan CTRL+f  => Cari kode #comments-block { atau  #comments-block{
4Tambahkan kode berikut, tepat di bawahnya:


max-height:250px;
border:1px solid #eee;
overflow:auto;



    Maka kodenya akan terlihat seperti ini : 


#comments-block {
max-height:300px;
border:1px solid #eee;
overflow:auto;
etc…
}



5. Sebelum kita simpan, silahkan sesuaikan tinggi kotak scroll dengan mengubah   kode warna merah, sedangkan kode warna biru, untuk warna garis pinggir  (border). Ubahlah sesuai selera sobat.


6. Klik Simpan Template , dan lihat hasilnya .




Rahasia !
Bagaimana CSS tersebut bekerja? Coba sobat perhatikan potongan CSS dibawah ini  :
1height:300px;
Coba perhatikan pada CSS diatas! Tinggi From komentar yang awalnya tidak terbatas, kita ubah menjadi 300px; . Wah, nanti kalau panjang komentarnya sudah lebih dari 300 pixel , hilang dong tampilan komentar nya? Eitts tunggu dulu. Mari kita perhatikan kode selanjutnya.
2border:1px solid #eee;
Sudah jelas, ini hanya sebuah pelengkap. Kode diatas adalah kode untuk memunculkan Garis (border) pada Scroll di kotak komentar , agar terlihat sedikit rapi. 
3. overflow:auto;
Seperti kita tahu, "overflow" adalah kode deafult Scroll. Kode ini adalah sambungan dari kode nomor 1. Tujuan kode ini yaitu untuk menampilkan komentar yang semula hanya 300px;  , menjadi tidak terbatas kembali. Namun, menggunakan Scroll.  Dengan kata lain, ukuran kotak komentar kita tetap tidak terbatas, hanya saja diperkecil oleh Scroll.

"Mohon maaf jika penjelasan tersebut kurang benar, karena itu merupakan analisa dari saya sendiri, hehe :D "



Catatan!
Scroll ini berfungsi jika komentar kita sudah sampai 10 komentar lebih. Jadi, bagi yang komentar nya belum terlalu banyak, jangan berkecil hati. Karena tidak akan ada efek apa-apa jika komentar yang kita punya kurang dari 10.



Nah, cukup simple kan? Sekian dulu postingan dari AcerNoval. Semoga bermanfaat yaa :D.  Mohon maaf bila ada kata-kata yang salah, karena kita seorang blogger yang sama-sama sedang belajar, saling bertukar ilmu, dan saling menjaga silaturahmi antar blogger. Jika ada pertanyaan jangan dipendem dihati kalian, silahkan isi Form komentar ya !  Salam sukses selalu, Salam Blogger ...

{ 162 komentar..ada pertanyaan? komentar disini! }

Wanda Rizky Febrianto mengatakan...

tidak brhasil sob... huft..

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
udiyana mengatakan...

nice info gan :)
thx banget buat infonya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Efek Bubble Pada Cursor mengatakan...

mantap gan...
tapi saya sdah pnya tutorial ini..
tapi tetp nice share....

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@wanda : komentar anda harus sudah banyak sob :D
@udiyana : sama2 sob :)
@efek bubble pada cursor : memang cara ini sudah banyak yang menjelaskan, hehe

XaOn mengatakan...

dipraktekin dolo gan

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@xaon : terima kasih :)

Petu Boy mengatakan...

makaih buat infonya.! setelah melihat hasilx punya agan saya jadi dk tertarik, soalnya menurut saya gak rapi kelihatannya..!! tu menurutku gak tau menurut yang laen..!!

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Cara Daftar Google Plus mengatakan...

saya sudah nyoba mas di blog saya. Gimana yah hasilnya?

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Wanda Rizky Febrianto mengatakan...

Game Baru...

Silahkan kunjungi : http://arian-ricky.blogspot.com/

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
FirdausTech mengatakan...

Aku lebih suka menggunakan trik Css ya mas bro , kayaknya lebih ringan dari pada java scrib, menurut saya, tapi ga tau lo yang lain .

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@petu boy : iya.. memang pemikiran orang beda2, hehe
@daw-xp : bagus sob hasilnya :D
@wanda : siaap langsung ke TKP
@ini kan trik CSS broo :)

Cara Daftar Google Plus mengatakan...

hehe terima kasih sob. :)

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

iya sama2.. hehehehe

KhamarDos Blog mengatakan...

Thnks tutornya sob ....
slm knal y sob ...

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@khamarDos Blog : iya youre welcome :)
salam kenal juga sobb

jgdjagtm mengatakan...

sob, #comments-block { kok gk ada di template ya?

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
jgdjagtm mengatakan...

sob, #comments-block { kok gk ada di template ane ya?

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@nC : setiap template berbeda2 sob.. cari aja kode yang hampir mirip dengan kode itu

jgdjagtm mengatakan...

yang hampir mirip itu gmn y sob? :D hhaa
ane kgak ngerti bhsa html :(

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
adrian mengatakan...

nice trik sob..jgn lupa jga komen balik di blogku ya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@nC : hampir mirip dgn #comments-block { mksdnya, hehe :)
@adrian : makasih, iya langsung ke TKP

Noochii mengatakan...

wah..mantap nih trik nya..dicoba dulu gan..

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

okee :D makasih yaa

TituitBom mengatakan...

blog ane komennya baru dikit sob, ahahaa

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Everyth1ng mengatakan...

nice post, saya suka artikel nya jelas dan tersedia contohnya !
Thanks y atas info nya,,sangat bermanfaat buat Blogger !:D

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@tituit bom : nanti juga banyak kok, sabar aja, haha
@everything : terimakasih sobat :D

nurcahyaku10 mengatakan...

Sepertinya memang lebih bagus begitu kawan, jadi komenya tidak menjadi panjang, saya sendiri belum mepergunakan scroll coment terima kasih informasinya yang bagus ini kawan.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

Bagus postingannya mas ditambah analisanya.
Mantaps mas...Saya sudah memakainya mas.Terima kasih

Unknown mengatakan...

@nurcahyaku10 : hehehe iya, sama2. terima kasih sudah berkomentar yaa
@abu farras : siaap :) terimakasih sudah memasang nya yaa.. semoga bermanfaat bagi anda

yoedha mengatakan...

udah ane praktekan di blog saya ini mas bro..

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet mengatakan...

bener juga ya kalo komennya udah kebanyakan, halamannya jadi panjang tpi kalo pake scroll jdi singkat. Tpi komentar blog saya msh sepi jadi belum dipasangin scroll hehe

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@yoedha : alhamdulillah :)
@bisnis online : hehe, nanti juga banyak kok :) semangat yaa

Ummu Nailah mengatakan...

Nice info mas.Saya telah menggunakannya.
Terima kasih

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Ibnu Siswoyo mengatakan...

Sudah mencobanya.Tapi belum kelihatan.Mungkin karena belum sampai 10 orang yang berkomentar.
Thanks atas tutorialnya mas...

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@ummu nailah : siip :) sama2 :)
@ibnu : iya sob, nanti juga muncul kok :D hehe iya sama2

Cerita dan Ilmu mengatakan...

maaf ya gan..css itu program ya???

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

CSS itu Cascading Style Sheets , bukan program. hehe

Wahyu arief mengatakan...

nice info nya gan

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
nC mengatakan...

ane gak berhasil nemuin kode yang serupa tp tak sama itu sob :D hehe
ya sudahlah, smentara ane bertahan dgn apa yg ada :) hehe
thanks sob :)

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Anonim mengatakan...

mantap.. thanks infonya bro..

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

sip dah kalo gk berhasil sy comment lagi :D thanks infony :D

Unknown mengatakan...

gagal, komentar nyatu ama komentar isi, bukan kayak gini
komentar buat kita nulis ama komentar blog2 sebelumny nyatu, liat aja blog ane skrg :D

Daftar Blog Dofollow mengatakan...

keren nih sob, dapat meringkas ukuran halaman... thanks ya sob... jangan lupa mampir ya...

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@wahyu : thanks ya gan :)
@nC : hhe, sabar aja yaa :) yang itu juga udah bagus kok sob..
@anonim : sama2 sob
@asmara susanto : kok jadi gitu ya sob hasil scroll nya? hhe mungkin karena template nya sob..
Blog dofillow : okee gan langsung ke TKP

nC mengatakan...

hehe sipp mas bro ;)

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

okee broo hahai

Forum Promosi Gratis mengatakan...

kalo buat yang wp gimana Gan,
sorry nih agak gaptek pengkodean gitu

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@forum : saya belum tahu banyak tentang WP sob hehe

gang tutorial mengatakan...

nice impo gan

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

Nice info gan.. thanks

Unknown mengatakan...

okee gan sama2 ..

Taufik Nurrohman mengatakan...

Sedikit saran: Dibandingkan menuliskan properti height:Npx; lebih baik jika menggunakan properti max-height:Npx agar tinggi seksi komentar tetap normal saat tidak ada komentar, hingga akhirnya komentarnya sudah melebihi batas tinggi maksimal, barulah sistem overflow:auto berfungsi.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

okee sob makasih sarannya :D ntar akan saya ganti, hehe

PROBLEM HISTAT DOUBLE mengatakan...

tutorial kereen broo... tp ane none-overflow ajaa ... :)

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Ummu Nailah mengatakan...

Info yang bagus mas...
Saya sudah memakainya di blog saya.
Terima kasih

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Wanda Rizky Febrianto mengatakan...

T.O.P... SIP dech>>> hehehe

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
saryadi nilan mengatakan...

mantap pasti daku gak bisa praktekin nich,maklum gaptek,salam love,peace and gaul.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Argo Merdiyanse mengatakan...

scroll seperti tutorial ini memang bermanfaat sekali untuk meminimalisir ruang pada halaman blog kita.. terutama pada blog yang selalu dihujani komentar2 dari pengunjungnya. kalo blog saya komentarnya masih belum banyak kang... hehehe salam kenal... thx

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
News Farras mengatakan...

Terima kasih informasinya mas

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Abu Hamizan mengatakan...

Sudah tak coba, tapi belum berhasil.Mungkin bawaan template kali yaa.
Maklum baru belajar juga sih.
Ntar tak coba lagi dech mas

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@problem : haha iya, terserah keinginan masing2 aja :)
@ummu : sama2.. terimakasih yaa
@wanda : okee :)
@saryadinilan : haha ada2 aja, salam gahool jg

Unknown mengatakan...

ADMIN : sama2
@Ferry : haha lain kali belajar lagi yaa :) terus semangat ,,

Mochammad Falah akbar mengatakan...

nice post kawan :) keep posting & salam blogger..

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
XaOn mengatakan...

bermanfaat sob

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@ka falah : oke salam blogger
@XaOn : terimaksih sob

autodesign mengatakan...

Ijin mencobanya sob... makasih sbelumnya...

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

siipp.. terima kasih yaa

kumpulan motivasi mengatakan...

mantap gan nice infonya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
ac-elektrik mengatakan...

Mantap mas, dicoba dulu yang ini mudahan bisa...

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@kumpulan motivasi : oki doki gan, makasih..
@ac-elektrik : okee, Amiin good luck yaa

Bayu mengatakan...

mantab sob!!

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

kok gk bisa y, semua komentar ikut nye-croll termasuk from mau nulis komentar jg ikut ke-sroll. gk percaya lihat blog ane dan perhatikan kotak komentarny

Unknown mengatakan...

@Bayu Aldi Yansyah : okee sob !!
@Asmara Susanto : mungkin itu karena template yang anda gunakan sob.. :)

Darana-xp mengatakan...

maaaaaaaaaaantap bang saya sudah praktek & berhasil ,mampir bang ke Blog saya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@darana-xp : okee gan ke TKP !

Kerajaanhosting masa depan hosting Indonesia mengatakan...

ow gitu y, hmm...

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Musa Khairul Umam mengatakan...

Hmmm,ini bisa juga untuk menghemat tempat sob :D

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

@Kerajaanhosting masa depan hosting Indonesia : iya. hhe
@Musa Khairul Umam : iya banget sob :D

Shinobi Blog mengatakan...

keren nih sob...
thank's for share ...

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Travel Haji Plus mengatakan...

Efektif sekali tempat komentar seperti ini. Terima kasih telah berbagi

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

hhe iya, makasih ya semua :D

Farkryzer mengatakan...

terima kasih ya sob, tipsnya membantu

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
في mengatakan...

ma kasih banyak :)

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Trenggalek Jelita (Cangkrug-ane CahNdeso) mengatakan...

Thanks telah berbagi ilmu. Saya akan coba terapkan di blog saya. Salam sahabat!

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Anonim mengatakan...

test aj

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
honda freed alpha mengatakan...

sudah dicoba mas, berhasil dan sukses. Tapi mas yang jadi pertanyaan. kok Icon Login Bloggernya ga muncul di depannya. Cara munculinnya gimana ya mas? makasih

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
zaenal blog mengatakan...

mantab bos......
ni yang lagi ane cari,
thanks,
slalu ada tips bermanfaat disini

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
blog sastra mengatakan...

wah makasih gan berguna nih :)

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

Makasih banyak infonya sob,tipsnya sukses ane terapkan di blogku.

Dunia Teori mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Dlur Blog mengatakan...

terima kasih infonya brow

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
any mengatakan...

udah dicoba dan berhasil tapi qo foto yang ada disamping kotak komentar jadi ga muncul. biar bisa muncul gimana???

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Fatwa Tentang Hukum Oral Sex mengatakan...

Sudah berhasil dipraktekkan. terima kasih tutorialnya.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
keluarga ale mengatakan...

waduh,, ilmu saya belum nyampe,, jadi bingung banget

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Gunawan mengatakan...

Gan,, saya coba dulu ya moga2 berhasil nie di blog saya
terima kasih

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
zhey five mengatakan...

izin coba bang

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Agen Obat herbal mengatakan...

Kalo untuk wordpress caranya gimana gan..??

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Alul Stemaku mengatakan...

siip gan... thanks ya..

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Hipni mengatakan...

Kl untuk wordpress gimana gan caranya..?? trims sblumnya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

kalau wordpress saya belum tahu mas, soalnya belum pernah lihat wordpress memakai CSS seperti ini, hehe

Ucup mengatakan...

Nice info gan, dari pertama masuk ke blog Juragan udah langsung sama box komentarnya yang keren ini :D

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Obat Herbal Kanker Usus mengatakan...

saya juga gagal..kenapa ya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
rizkdroid mengatakan...

ane nyoba gagal terus sob.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

cari saja kode yang mirip" sob, pasti bisa hehe

Klik Menarik mengatakan...

kalo di blog Ane Form kotak komentarnya ikut kebawa sob.
kalo kotak komentar ente kan cuma comment boxnya aja ..

di template ane kagak ada yang mirip #comments-block {
Jadi ya sudah gan terima apa adanya ^_^

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Kharisma mengatakan...

Selamat pagi dan salam kenal buat sahabat semua disini...
saya sudah coba tapi code #comments-block{ di blog saya kok ndak ada ya ya mohon penerangan
terima kasih...

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Anonim mengatakan...

makasih infonya sangat bermanfaat

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Id Bloger mengatakan...

Catatan!
Scroll ini berfungsi jika komentar kita sudah sampai 10 komentar lebih.

nah kalau bagi saya bukan masalah komentar harus ada 10, dikarenakan kita memakai kode height misal kode height:300px; maka jika jumlah komentar sudah lebih dri tinggi 300px maka komentar pengunjung akan membuat Scroll dengan auto ...

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
jamu tetes abecell mengatakan...

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
abecell murah mengatakan...

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
agen abecell mengatakan...

Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
ciri ciri anemia mengatakan...

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
obat anemia mengatakan...

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
penyebab anemia mengatakan...

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
belajar bisnis internet gratis mengatakan...

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
batu empedu tanpa operasi mengatakan...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
batu empedu mengatakan...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
manfaat buah delima mengatakan...

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
cuka apel mengatakan...

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
gejala darah rendah mengatakan...

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
mengobati darah rendah mengatakan...

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
hipotensi mengatakan...

Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
cara mengatasi darah rendah mengatakan...

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
pengobatan darah rendah mengatakan...

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
ciri ciri darah rendah mengatakan...

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
gejala darah rendah mengatakan...

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
mengatasi tekanan darah rendah mengatakan...

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
makanan tekanan darah rendah mengatakan...

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
cara mengatasi penyakit darah rendah mengatakan...

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
daun kelor mengatakan...

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
sakit jantung mengatakan...

Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
gejala penyakit lemah jantung mengatakan...

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
gejala sakit jantung mengatakan...

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
gejala jantung koroner mengatakan...

Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
penyakit jantung mengatakan...

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Odong-Odong mengatakan...

Berfungsi gan!
tapi kayanya bikin berat loading blog?
:D

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Obat Kuat mengatakan...

terima kasih banyak untuk berbagi informasi ... Semoga Tuhan memberikan yang terbaik buat Kita Semua

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Pelajar Blogger mengatakan...

Bermanfaat sekali gan :)

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
paket umrah 2013 mengatakan...

Makasih tutorialnya om....
sekarang komentar ane bisa di scroll deh..
nice share

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Fajrin Ilham H mengatakan...

wah komentar ane belum banyak gan.hehe
mampir juga kesini ya ?? makasih

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Pesta ulang tahun mengatakan...

thanx infonya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Kids Party mengatakan...

thanks infonya :D

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
obat jantung koroner mengatakan...

makasih untuk infonya,,,

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
MAHEZA SHOP mengatakan...

@Anonim

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Anonim mengatakan...

Produk dijamin asli.
Dina Shop : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Garansi Resmi Distributor dan gransi TAM.
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS:0896-9198-6257 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI DI http://dina-shop7.blogspot.com.
BlackBerry>Samsung>Nokia>Apple>Acer>Dell>Nikon>DLL

SAMSUNG
Asli Buatan Korea.
HARGA PROMO

Samsung Galaxy Note II N7100 Rp 2.499.000.
Samsung Galaxy Chat B5330 Rp 1.220.000.
Samsung GT-E1205M Rp 145.000.
Samsung Galaxy Ace Duos S6802 Rp 1.525.000.
Samsung I8530 Galaxy Beam Rp 4.825.000.
Samsung Galaxy Ace 2 I8160 Rp 2.250.000.
Samsung I9300 Galaxy S III Rp 2.800.000.
Samsung I9070 Galaxy S Advance Rp 2.850.000.
Samsung Galaxy mini 2 S6500 Rp 1.400.000.
Samsung E1390 Rp 200.000.
Samsung Galaxy Ace Plus S7500 Rp 1.850.000.
Samsung S 5300 Galaxy Pocket Rp 850.000.
Samsung Galaxy Y Duos S6102 Rp 1.150.000.
Samsung C3312 Deluxe Duos Rp 500.000.
Samsung C3520 Rp 425.000.
Samsung E1232B Rp 200.000.
Samsung i9250 Galaxy Nexus Rp 2.250.000.
Samsung C3350 X Cover II Rp 750.000.
Samsung S5610 Rp 725.000.
Samsung C3330 Champ 2 Rp 525.000.
Samsung I8150 Galaxy W Rp 1.950.000.
Samsung GT-N7000 Galaxy Note Rp 1,700.000.
Samsung E1195 Rp 225.000.
Samsung Galaxy Y S5360 Rp 875.000.
Samsung i509 Galaxy Y CDMA Rp 875.000.
Samsung W139 Rp 350.000.
Samsung E2232 Rp 350.000.
Samsung I9100 Galaxy S II Rp 2.250.000.
Samsung C3322 Rp 400.000.
Samsung E1182 Rp 175.000.
Samsung E2152 Rp 425.000.
Samsung E2652 Champ Duos Rp 615.000.
Samsung S3850L Corby II Rp 550.000.
Samsung B7510 Galaxy Pro Rp 1.550.000.
Samsung Ch@t 322 Wi-Fi Rp 500.000.
Samsung GT-E1055T Rp 175.000.
Samsung GT-E3210 Rp 495.000.
Samsung I9003 Galaxy SL 4 GB Rp 1.850.000.
Samsung Nexus S i9023 Rp 1.350.000.
Samsung I9003 Galaxy SL 16 GB Rp 3.000.000.
Samsung Gio S5660 Rp 1.450.000.
Samsung Galaxy FIT S5670 Rp 1.200.000.
Samsung Samsung F480 - Rp 550.000.
Samsung Galaxy Mini S5570 Rp 900.000.
Samsung B6520 Omnia PRO 5 Rp 725.000.
Samsung S5253 Wave525 Rp 900.000.
Samsung i8510 innov8 Rp 875.000.
Samsung S5830 Galaxy ACE Rp 1.750.000.
Samsung S5333 Wave533 Rp 900.000.
Samsung C3510 Genoa - Rp 550.000.
Samsung i900 Omnia - Rp 1.100.000.
Samsung S5753 Wave575 Rp 1.000.000.
Samsung I5503 Galaxy 5 Rp 825.000.
Samsung i5510 Galaxy 551 Rp 1.250.000.
Samsung S8530 Wave II Rp 1.750.000.
Samsung C3303 Champ Rp 175.000.
Samsung I9000 Galaxy S Rp 1.650.000.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
bacaunik mengatakan...

thanks infonya gan.. keep posting :)

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Anonim mengatakan...

maksaih ea sob
sangat membantu

kunjungan balik sob
http://bloger-kmc.blogspot.com

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Aditya Astari Blog mengatakan...

Nice post gan!
:)

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
ciss pamulang mengatakan...

mudah di praktekin makasih :)

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Hijab Yuk mengatakan...

mudah gan .. keren

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
hiburan seksi mengatakan...

nice trick bro

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
berita droid mengatakan...

keren dan mudah triknya :) top

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
saha masira mengatakan...

Sudah saya terapkan mas, dan berhasil.. kalau sempat silahkan mampir ke blog saya ya..

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Anonim mengatakan...

Mantap dan berhasil bos,, sudah terpasang di Blog saya mas silahkan kunjung balik ya.. :D

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
obat jantung koroner mengatakan...

artikel yang mantab gan,senag baca nya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
belajar seo dan blog mengatakan...

terimakasih infonya sob...., ijin coba dulu

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
belajar seo dan blog mengatakan...

wow jadi keren sob..., scroll komentarnya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Alat bantu pria mengatakan...

Saya senang sekali menemukan website anda dan bisa ikut memberi komentar
menurut saya sangat berharga sekali bisa membaca tulisan anda, dan pada kesempatan ini akan saya manfaatkan untuk sumber referensi saya
Terima kasih banyak telah berbagi, saya berharap anda terus semangat menulis topik selanjutnya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Unknown mengatakan...

yang ini sya langsung praktek :D obat tradisional kanker pankreas

Obat Penyakit Jantung Koroner Akut mengatakan...

Setelah saya baca-baca, saya jadi ingin mencoba tipsnya. Salam Sukses.

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
Obat Penyakit Jantung Tradisional mengatakan...

makasih infonyaa gan...

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval
wisata mengatakan...

Dicoba tapi masih blom efeknya, apa salah ya

Terimakasih Untuk Komentar Sobat ... by AcerNoval

Be a Top Commentators!

Top Commentators

Postingan
Komentar


Widget by DAW-XP